Monday 1 March 2010

Puisi Yang Bagus itu?

Apabila seorang bertanya
Puisi terbaik itu seperti apa
Saya tidak akan menjawab
Karena sayapun memiliki pertanyaan yang sama

Haruskah saya membaca
Banyak puisi
Buku
Tentang Puisi
Atau apapun
Sebagaimana orang lain lakukan?

Saya kurang begitu suka cara itu
Melelahkan
Mencengkeram pikiran
Belum lagi memikirkan kaidah – kaidah yang ada

Namun setelah beberapa saat bepikir

Menurut saya
Puisi yang terbaik itu
Puisi yang jujur
Dapat memberi kelegaan
Bagi pembaca terlebih penulisnya
Di setiap kata yang tertulis

Itu adalah curahan
Segenap aliran kreativitas
Yang ada

Besok
Apabila ada orang yang bertanya pertanyaan
Tentang Bagaimanakah puisi yang baik itu
Saya akan menjawab demikian

Tapi,
Seperti puisi yang merupakan curahan kreativitas
Yang terus mengalir
Cara berpikir saya pun
Terus mengalir

Mungkin,
Satu saat saya akan menjawab pertanyaan tersebut
Dengan jawaban yang lain atau
Bahkan dengan pertanyaan lainya

No comments: